Jumat, 15 Juni 2012

Mitologi Indonesia

Tak hanya Yunani atau Jepang saja yang punya mitologi. Indonesia pun punya loh. Gak percaya?
Berikut merupakan mitologi sunda yang berhasil gua dapatkan dari berbagai sumber. Just for play, not recommended. Ini hanya mitologi, terserah kalian mau percaya atau nggak.. gua hanya menganggap ini suatu permainan. Lebih ke arah kekayaan budaya. Berikut cuplikannya..

Buat kalian yang pernah lahir.. (apaan sih?) pasti punya hari lahir kan? Ternyata, menurut sejarah sunda dulu, tiap tiap orang memiliki tabiat yang berbeda, tergantung pada hari lahirnya tersebut.

1. Senin (Flower)


Hari senin dilambangkan dengan bunga. Bunga itu identik sekali dengan yang namanya keindahan. So, yang lahir di hari senin gak ada salahnya di panggil 'si Ganteng' atau 'si Cantik'. (what the....??!!!!!)


Kalian yang lahir di hari senin, memiliki sifat ceria dan periang. Kalian juga disukai banyak orang karena memiliki sifat humoris dan daya pikat yang luar biasa hebat (pelet dong??). Biasanya kalian lebih senang pekerjaan menjadi host, ataupun bekerja di bidang entertainment.

2. Selasa (Fire)

Yang lahir di hari selasa itu bisa diibaratkan dengan Api. Api itu kuat dan hidup. Namun cenderung keras kepala. Mungkin kalian cocok untuk menjadi seorang pemimpin.

Mereka yang lahir di hari selasa, katanya sih.. cenderung memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Tak hanya penampilan, kemampuannya pun memumpuni. Kalo cowok, badannya tegap dan tegas, kalo cewek.. pasti anggun dan elegan.


Kalian yang lahir di hari selasa mungkin akan tertarik bekerja sebagai orator. Presiden, mungkin.. atau politikus. Menjadi seorang pebisnis juga merupakan pilihan yang baik karena kalian cenderung percaya akan kata-kata kalian sendiri.

3. Rabu (Leaf)


Rabu dilambangkan dengan daun. Menurut orang sunda, yang lahir di hari rabu itu orangnya dermawan. (Ahseeeekkk..) Namun, karena sifatnya itulah orang-orang yang tidak bertanggung jawab cenderung memanfaatkan sifat baiknya ini.

Mereka yang punya lambang daun ini memiliki sifat empatik yang luar biasa. Mereka juga mudah jatuh cinta. Yaa, seperti daun yang melayang kesana-kemari, sifat jeleknya yaitu sering plin-plan dan tidak tegas. Mereka mengasihani orang lain dengan maksimal walaupun itu menyakitkan dirinya sendiri.


Mungkin, karir yang cocok bagi mereka yang berlambang daun adalah menjadi seorang dokter, perawat, atau guru.

4. Kamis (Wind)


Selalu bergerak. Itu sifat dasar angin. Sifat dasar pemilik icon Avatar The legend of Aang ini adalah pekerja keras. Mereka tidak pernah suka diam di rumah. Dan rasa malas merupakan musuh utamanya.


Kalian yang lahir di hari ini mungkin merupakan tulang punggung keluarga, dan akan terus bekerja keras untuk mengembangkan kemampuan dan kreativitasnya. Pekerjaan yang mungkin cocok adalah sebagai seorang kapten di laut (ghahaha popay dong), atau.. menjadi seorang pebisnis juga bisa.

5. Jum'at (Water)


Air diam, menghanyutkan. Kalian yang memiliki simbol air ini mungkin cenderung memiliki sifat dingin dan pendiam. Sifat buruknya adalah mereka terkadang menjadi amat sangat pemurung dan amat peka terhadap segala sesuatu sindiran yang ditujukan kepadanya.

Kabar baiknya adalah, si pemilik icon air ini lebih bijaksana dan menghindari berbagai macam pertikaian. Mereka mencintai kedamaian. Cenderung mengalah daripada harus bertikai. Karena sifat yang tenang dan bijaksana ini, karier yang mungkin cocok dengan sifatnya adalah menjadi seorang penulis, sastrawan, jurnalis, maupun hakim.

6. Sabtu (The World)


Bumi sifat dasarnya adalah diam, dan mengelilingi matahari. Pemilik icon bumi biasanya memiliki hasrat untuk menjelajahi dunia, dan mengelilinginya dengan mengambil berbagai macam hal yang terkandung didalamnya.


Mereka merupakan sang petualang sejati. Tidak mudah menyerah terhadap kegagalan yang menimpa mereka. Tak heran, jika pekerjaan yang cocok untuk mereka yang lahir di hari yang satu ini adalah menjadi seorang duta besar, antropolog, atau seorang ahli sejarah.

7. Minggu (Sky)


Hari minggu dilambangkan dengan langit yang memiliki sifat dasar luas. Orang yang lahir di hari ini katanya sih, memiliki pengetahuan yang luas dan memiliki pandangan jauh ke depan. Para optimis yang memiliki sifat jelek tak mau kalah dari orang lain, dan selalu merasa lebih pintar dari semuanya.


Lepas dari sifatnya yang gak mau kalah dan merasa paling pinter, mereka merupakan orang yang jarang bersedih. Mereka menganggap kegagalan sebagai riak riak air kecil di pantai. Nah, mereka cocok sekali menjadi pemimpin di suatu negara, atau mungkin model, pilot, maupun sebagai ahli pidato.

Semua kembali ke diri kita masing-masing. Walaupun mungkin ada kemiripan, jangan terlalu percaya sama yang beginian. Kita harus percaya sama Allah. Tujuan gua posting beginian sih, hanya untuk memperkenalkan kebudayaan kita yang gak kalah hebat dari kebudayaan-kebudayaan lain. So, tetap jalani hidup dan tetap ikuti prinsip di hatimu.

2 komentar:

  1. Saya lahir dihari Jum'at tp saya bukan orang Sunda tp hampir sifatnya ngena semua ke saya

    BalasHapus
  2. Pada dasarnya manusia memiliki semua sifat di atas. :D

    BalasHapus