Minggu, 10 Juni 2012

Multi Language

Beurang!! Papanggih deui jeung kuring, Mamett Metall ti bekasi. Kalayan logat basa anu bebeda ti biasana, kuring baris saeutik ngeposting ngeunaan Betapa Nikmatna Bisa Basa Wewengkon..



Tulisan di atas berhasil gua unggah dari situs lokal besutan anak bangsa di Kamus Online Basa Sunda yang secara langsung gua dapetin pas gugling di mbah gugel. Pernahkah kalian sadar bahwa negara kita, Indonesia punya ratusan bahasa daerah yang beraneka ragam macamnya, dan gua hanya bisa satu bahasa. Indonesia. Yap!! Meskipun tinggal di daerah Jawa Barat, sepertinya itu tidak bisa menjamin gua bisa bahasa sunda. Walaupun pada kenyataannya gua ini blesteran Sunda-Jawa, tapi sepertinya itu tidak berpengaruh sama sekali.

Andai saja gua bisa multi language, pasti rasanya itu benar benar luar biasa. Gua punya keponakan, namanya Firman umur enam tahun, dan sampai sekarang dia gak bisa ngomong bahasa Indonesia. Bisanya bahasa sunda. Gua juga punya keponakan namanya Sarah, tinggal di Purbalingga, dan dia gak bisa bahasa Indonesia. Hahaha keren sekali keponakan-keponakan gua ya?

Yaa,, seperti yang kita tau sebelumnya Bahasa daerah merupakan bahasa pendukung bahasa Indonesia yang keberadaannya diakui oleh Negara. Oleh sebab itu udah tugasnya kita menjaga dan mewarisi bahasa daerah masing-masing. Bersyukur deh buat kamu semua yang bisa bahasa jawa, bahasa sunda, bahasa betawi, bahasa batak, bahasa minangkabau, papua, dan seterusnya.. karena, Orang luar negri tuh gak ada yang bisa bahasa daerah kita tau. HAHAHA yakin bener yak?? Jangan seperti gua yang tabu akan bahasa daerah. Tapi nilai bahasa sunda gua waktu smp itu 90 kalo gak salah. Sumfah ane zuzur.

Namun dewasa ini, bahasa daerah sepertinya mulai terancam punah. Dalam penelitian yang Prof Dr Arief Rahman lakukan di beberapa SMA di Jakarta (beliau merupakan guru besar dalam bidang pendidikan bahasa di Universitas Negeri Jakarta), bahasa daerah tidak lagi digunakan dalam komunikasi di rumah. Orang tua tidak menganggap penting untuk menggunakan di rumah. Para pelajar lebih suka pakai bahasa gaul meski bertemu teman yang berbahasa daerah semua. Yah, mungkin biar bisa dibilang gak norak kali yaa??? wkwkwkwk..

Walaupun demikian, penggunaan bahasa daerah semestinya dilakukan dengan wajar. Jangan mentang-mentang ada yang namanya kejawa-jawaan dikit semisal Bejo, eh.. langsung aja tembak ngobrol bahasa jawa. Padahal nyatanya dia orang betawi. Ilfil kan jadinya?

Dalam penggunaannya pun, jangan kalian jadikan bahasa daerah sebagai ajang untuk unjuk gigi yang menumbuhkan rasa sukuisme yang bisa mengakibatkan permusuhan antar suku  dan golongan. Mentang-mentang kita orang Bali, temenannya sama orang bali aja. Bertemanlah dengan semua orang. Ibaratnya gini, gua mungkin bisa dikatakan orang Betawi (Maksa karena gak bisa bahasa daerah), Kepala gua Betawi, tapi badan Indonesia. Situ kepala Jawa, badan tetep Indonesia. Situ kepala Maluku, badan ya tetep Indonesia. Jadikanlah keanekaragaman kebudayaan kita sebagai anugerah yang diberikan Allah SWT.



2 komentar:

  1. wahwah betul itu.. hahaha

    tapi timeline FB gue juga skrg beragam bahasa loh status updetannyah haha

    temen2 gua banyak yg dari makasar jd apalah dia orang pada update status roaming semua haha, kaga ngarti sama sekali gue, taunya jawa ama sunda doang itu juga litel litel ai ken hehehe

    andai ada les bahasa daerah, gua mau tuh :P

    BalasHapus
  2. eh, ajarin gua memperindah blog no. hhe

    BalasHapus