Senin, 04 April 2011

Dilema orang Nyambi

Ibaratnya, gua kuliah makan buku sebanyak ini. Hahaha

Usai sudah masa-masa tenang gua di rumah, untuk sekarang. Belum genap dua bulan, gua udah dapet panggilan kerja lagi. Hhahaha kayanya bakal ada suatu perjuangan besar, nih. Tugas kuliah yang sama sekali gak masuk akal, jadwal kerja yang benar-benar gak memungkinkan gua untuk istirahat yang cukup, dan bisnis asuransi gua yang masih labil, semuanya bakalan campur aduk kaya mi ayam baso. Mi ayam baso masih mending ada gurihnya, lah ini.. aseeeeemmmm.

Buat kalian yang kerja sambil kuliah, gimana ya caranya memanajemenkan waktu?? Susahnya bukan main. Masalahnya satu. Saya malas. Hahaha.

Sudah saatnya gua berubah. Memang, kalo mau gua keluarin asa penat gua waktu tes masuk kerja yang sama sekali gak masuk akal itu... dikerjain abis-abisan, dianggurin, sampe-sampe sim gua ikut raib di bawa polisi hwanjing bhabik di ASMI. Gila masbrooooooo, pen gua acak-acak andini rasanya ampe bersih.

◦<(●◊●)>◦

Sadar gak.. ada hal lain yang mendorong kita ni, mahasiswa melakukan kuliah sambil kerja yaitu nyari duit buat membiayai kuliah atau sekadar mencari tambahan biaya kuliah. Sebenarnya ada banyak alasan lain.

Pertama, keadaan ekonomi keluarga yang tidak memungkinkan buat biayain kuliah anak-anaknya.

Kedua, ada sebagian orang tua kita yang pengen menanamkan jiwa kemandirian pada anaknya sejak dini atau setelah merasa bahwa anaknya sudah cukup dewasa. (hahaha kasian deh lo).

Ketiga, karena keinginan kita sendiri buat belajar mandiri atau paling nggak ngurangin beban yang harus ditanggung orang tua. (yoi mameeenn)

Untungnya, gua ikut kelas malam. Tapi, masalah bisa muncul buat kalian yang lagi shift siang. Pastinya, perkuliahan yang bisa diikuti yaitu kelas pagi aja, namun kita terpaksa harus ninggalin kelas maksimal pukul 13.30 WIB meski masih ada matkul yang diadakan di atas jam tersebut sehingga tidak menutup kemungknian ada matkul tertentu yang cuma dapat diikuti dua minggu sekali.

Meski sudah diadakan kelas shift, entah karena alasan kurang ruangan, kurang dosen atau karena kurang pengetahuan tentang jam kerja shift maka kelas shift belum sepenuhnya menjadi solusi yang terbaik, kan? Hayo dong, BSI kasih solusi terbaiknya. Hahahahaaa..

Seharusnya hal ini menjadi pertimbangan bagi lembaga pendidikan, (khususnya tempat gua kuliah niiiihhh..) yang menyediakan sistem kelas shift dalam penyusunan jadwal kuliah, sehingga memudahkan bagi kita-kita yang bekerja dengan sistem kerja shift.

Kembali lagi kepada hal yang menjadi kendala yaitu gak gampang bagi waktu antara kuliah, kerja, istirahat, dan urusan-urusan lain. Mungkin, hanya sedikit dari kita yang dapat me-manage waktunya dengan sangat baik sehingga sukses dalam kuliah dan karir. Tapi di samping sedikit orang hebat itu, banyak juga kan yang merasa kesulitan membagi waktunya sehingga harus memilih tetap melanjutkan kuliah atau mempertahankan pekerjaannya.

Yaahh, kuliah sambil kerja ternyata gak mudah dilakukan jika tidak didukung oleh jadwal kuliah yang dirancang sesuai dengan jam kerja. Di samping itu juga harus ada motivasi yang kuat dari dalam diri sendiri. Mudah-mudahan hal ini dapat menjadi perhatian para pengelola dan pembuat keputusan dari jadwal dan peraturan perkuliahan di universitas yang ada di negeri ini.

5 komentar:

  1. kerja sambil kuliah kira2 capek gk ya?

    mau dong kyk gtu, di gundar juga ada kelas malem, gw sekarang masuk kelas pagi, gw pengen masuk malem tapi bingung belum ada kerjaan, takutnya malah nganggur paginya (~_~)

    mau dong cobain rasanya kerja!!
    libur semester ini wktunya lumayan lama (3bulan)
    klo ada lowongan, kasih tau yah ^_^

    BalasHapus
  2. waktu itu sempet gua ngelamar jadi staff admin di perusahaan karaoke keluarga di grand wisata. tapi gak kepanggil. hhe
    coba search di gugel aja mas bro

    BalasHapus
  3. It's time for you to learn grown up, appreciate your time and money

    BalasHapus
  4. hemmm,, ga bisa ngebayangin repotnya lari sana sini..
    Semangat!!!

    BalasHapus