Minggu, 09 Oktober 2011

Tugas Dasar Manajemen Bisnis Bagian 2

Masih bingung apa yang dimaksud dengan CSR? Berikut gua sampaikan pengertiannya plus contoh CSR dari perusahaan yang gua geluti di tahun ini.

Definisi CSR (Corporate Social Responsibility) adalah suatu tindakan atau konsep yang dilakukan oleh perusahaan (sesuai kemampuan perusahaan tersebut) sebagai bentuk tanggungjawab mereka terhadap sosial/lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada. Contoh bentuk tanggungjawab itu bermacam-macam, mulai dari melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perbaikan lingkungan, pemberian beasiswa untuk anak tidak mampu, pemberian dana untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak, khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada. Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan fenomena strategi perusahaan yang mengakomodasi kebutuhan dan kepentingan stakeholder-nya. CSR timbul sejak era dimana kesadaran akan sustainability perusahaan jangka panjang adalah lebih penting daripada sekedar profitability.

PT. ASTRA HONDA MOTOR yang berikutnya akan saya sebut AHM adalah salah satu perusahaan produsen sepeda motor Jepang terbesar yang terus berpacu meningkatkan brand image-nya di masyarakat. Melalui CSR, AHM giat meluncurkan berbagai program peduli lingkungan dan pendidikan. Kegiatan ini telah memasuki tahun ke sembilan sejak pertama kali digelar pada 2003 lalu

Kegiatan CSR berwawasan lingkungan yang dilakukan PT. Astra Honda Motor (AHM) misalnya, lebih merujuk pada program penghijauan yang juga terintegrasi ke dalam produk-produk yang diproduksinya. Sejak tahun 2005 hingga tahun 2009 AHM telah melakukan penanaman pohon lebih dari 6.600 pohon melalui Program Hijau Jakartaku yang merupakan bagian dari Program Penanaman Sejuta Pohon. Selain itu, AHM juga membangun 2 taman kota, yaitu di Jl. Galunggung, Jakarta Pusat, dan di Kompleks Perumahan Cirendeu Permai, Tangerang. AHM juga membangun Zona Teknologi Otomotif Roda Dua di Taman Pintar Yogyakarta, sebagai wahana edukasi tentang teknologi sepeda motor ramah lingkungan dan sosialisasi berkendara dengan aman. AHM juga mengklaim bahwa perusahaannya telah menerapkan green process, yaitu proses produksi pembuatan sepeda motor yang memakai prinsip reduce (pengurangan), reuse (pengunaan kembali), recycle (daur ulang), retrieve energy (pemulihan kembali energi), dan recover (pemulihan) sesuai dengan sistem manajemen lingkungan ISO 14001 pada seluruh lini produksi. Kegiatan CSR berbasis lingkungan yang dilakukan oleh AHM juga telah diikuti oleh perusahaan-perusahaan serupa, terutama dalam hal pengembangan mesin motor yang ramah lingkungan, pendidikan berwawasan lingkungan hidup, dan pembangunan taman kota.

Sebagai salah satu bentuk tanggung jawab sosial terhadap dunia pendidikan, AHM menggelar kegiatan AHM Best Student (AHMBS) untuk memberikan apresiasi bagi siswa berprestas di berbagai wilayah di Indonesia. Sedikitnya 70 pelajar SLTA berprestasi layak mengunjungi pabrik pembuatan motor tersebut sejak Senin, 4 Juli 2011 hingga Jumat 8 Juli 2011 kemarin. Program AHMBS berhasil menjaring 70 pelajar SLTA berprestasi yang berasal dari 150 sekolah. Mereka terpilih setelah memenuhi persyaratan seperti masuk lima besar di sekolah dan memiliki keterampilan ekstrakurikuler serta membuat makalah dan presentasi dengan tema lingkungan dan keselamatan berkendara.

Dalam program itu, para siswa mendapatkan kesempatan melihat langsung prosesi pembuatan sepeda motor di pabrik Honda yang berada di Cikarang. Selain itu peserta juga dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan berkendara melalui pelatihan seminar dan pelatihan safety riding. Tidak hanya itu, peserta juga akan diikutsertakan dalam sebuah achievement motivation training yang dipandu oleh seorang motivator. Selain memberikan pengetahuan dan pelatihan motivasi, AHM juga menyiapkan dana khusus berupa beasiswa bagi siswa berprestasi peserta AHMBS ini. Bantuan ini diharapkan bermanfaat untuk meringankan keperluan sekolah siswa.

Tidak hanya program AHMBS, AHM menyumbang 81 unit sepeda motor untuk 26 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) & sejumlah institusi lain serta perguruan tinggi yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Penyerahan donasi tersebut dilakukan secara simbolis di Plant III AHM – Cikarang kepada dewan guru perwakilan SMK & institusi serta perguruan tinggi terpilih (ITB & UGM). Sebelumnya AHM juga telah menyumbang sebanyak 66 unit motor yang sebagian diperuntukkan untuk pengembangan Laboratorium Otomotif Honda di beberapa SMK. Untuk tahun 2010 AHM telah mendonasikan sebanyak 147 unit motor.

Untuk masyarakat, AHM menggelar mudik dan balik bareng tanpa konvoi sepeda motor. Target peserta mudik dan balik bareng ini sebanyak 1.250 sepeda motor dari Jakarta pada lebaran kemarin. AHM berkomitmen mengikuti imbauan pemerintah agar program mudik bersama tidak melakukan konvoi sepeda motor, hal itu dilakukan guna menekan angka kecelakaan. Selain menggelar program mudik dan balik, AHM juga membuat 42 pos peristirahatan di sepanjang jalur mudik di Lampung hingga Bali, 18 di antaranya beroperasi 24 jam dan 24 pos dilengkapi layanan servis (AHASS) yang buka 16 jam mulai pukul 07.00 hingga 23.00. Tahun lalu, program mudik bersama melibatkan 937 sepeda motor dan baliknya 50 sepeda motor.

Kiranya, saya sudahi dulu nulisnya. Mudah-mudahan tulisan saya ini bisa digunakan sebagaimana mestinya.


Dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar